google3e295b9834190349.html masalah-masalah sosial | AHMADSOFWAN
Subscribe:

Pages

Minggu, 13 Oktober 2013

masalah-masalah sosial



Masalah Sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi bentrokan antara unsur-unsur yang ada dapat menmbulkan gangguan hubungan seperti kegoyahan dalam kelompok atau masyarakat. Masalah sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. Yang dapat menjadi sumber masalah sosial yaitu seperti proses sosial dan bencana alam.

            Masalah sosial dapat dikategorikan menjadi 4 (empat) jenis factor, yakni :
1.      Faktor ekonomi :Kemiskinan, pengangguran, Kriminalitas
2.      Faktor Budaya:Perceraian, kenakalan remaja
3.      Faktor Biologis:Penyakit menular, keracunan makanan
4.      Faktor Psikologis:Penyakit Syaraf, aliran sesat.

Contoh  masalah di indonesia:
1.      Kemiskinan
Kemiskinan adalah suatu keadaan ketika seorang tidak sanngup memenuhi kebutuhanya sendiri sesuai dengan taraf kehidupan kelompok dan juga tidak mampu memanfaatkan tenaga mental maupun fisiknya dalam kelompok tersebut.
2.      Kebodohan
Salah satu akibat bila kita bodoh adalah mudah diperalat orang lain. Kita juga akan sulit meraih cita-cita yang tinggi. Kebodohan terjadi karena tidak memiliki pendidikan atau pendidikannya rendah.
 Di negara kita ternyata masih banyak orang yang pendidikannya rendah bahkan tidak pernah sekolah sama sekali. Masih ada orang yang tidak bisa membaca atau buta huruf. Hal ini antara lain disebabkan oleh kemalasan, biaya pendidikan yang tinggi dan tidak meratanya pendidikan di Indonesia. Orang yang mampu beruntung bisa menikmati bangku sekolah dengan mudah. Sekolahnya mudah dijangkau dan fasilitasnya lengkap. Orang yang terbelakang tidak bisa sekolah karena tidak punya biaya. Mereka bahkan harus bekerja membantu orang tuanya agar tetap bisa makan. Ada pula yang kesulitan untuk bisa sekolah karena tempatnya yang jauh dan hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki. Itupun sekolahnya juga masih sangat sederhana. Fasilitasnya juga masih sangat terbatas.
3.      Pengangguran
Pengangguran adalah orang dewasa yang tidak bekerja dan tidak mendapatkan penghasilan. Jumlah pengangguran semakin banyak karena jumlah lulusan sekolah lebih banyak dari pada jumlah lapangan pekerjaan. Selain itu para pengusaha dihadapkan pada persoalan kenaikan tarif listrik dan harga bahan bakar minyak yang mahal. Hal itu menyebabkan banyaknya perusahaan yang tutup dan bangkrut, atau setidaknya mengurangi jumlah karyawannya. Kita bisa membayangkan jika orang tua tidak lagi bekerja dan tidak punya penghasilan. Apa yang akan terjadi. Tentunya keluarga akan kesulitan memenuhi kebutuhan hidup baik makan, pakaian, biaya sekolah serta kebutuhan yang lainnya. Itulah sebabnya pengangguran dapat menimbulkan permasalahan sosial lainnya. Seperti  kejahatan, perjudian, kelaparan, kurang gizi bahkan meningkatnya angka bunuh diri.
4.      Kejahatan
Kejahatan sering disebut sebagai tindak kriminal atau perbuatan yang melanggar hukum. Kemiskinan dapat menyebabkan tindak kejahatan. Jika tidak dilandasi keimanan dan akal sehat, penganggur mengambil jalan pintas untuk mengatasi kemiskinannya. Banyak cara keliru yang dijalani misalnya melakukan judi, penipuan, pencurian, pencopetan, perampokan hingga pada pembunuhan. Yang stress dan tidak kuat bisa kemudian minum-minuman keras atau memakai narkoba.
5.      Pertikaian
Pertikaian bisa disebabkan banyak hal, antara lain karena salah paham, emosi yang tidak terkendali atau karena memperebutkan sesuatu. Sesuatu yang diperebutkan dapat berupa suatu prinsip, seseorang atau suatu barang. Pertikaian dapat terjadi di dalam suatu keluarga atau di masyarakat. Pertikaian yang tidak segera diselesaikan bisa berakibat fatal. Suatu pertikaian bahkan dapat menimbulkan korban jiwa. Masyarakat yang didalamnya terdapat pertikaian atau konflik menyebabkan suasana tidak aman dan nyaman. Pertikaian yang terjadi di keluarga juga dapat menyebabkan suasana tidak tenang dan tenteram.
Contoh: tawuran, perebutan lahan, kesalah pahaman satu sama lain.
6.      Perusakan alam
            Banyaknya orng yang tidak bertanggung jawab atas rusaknya alam kerena mereka ingin mendpatkan uang yang lebih dalam waktu yang cepat, contohnya adalah penebangan hutn secara sembarangan, pemboman karang , pembuangan air limbah dan banyak yang lain-lain.
7.      Sampah
            Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah merupakan didefinisikan oleh manusia menurut derajat keterpakaiannya, dalam proses-proses alam sebenarnya tidak ada konsep sampah, yang ada hanya produk-produk yang dihasilkan setelah dan selama proses alam tersebut berlangsung. Di indonesia semakin banyak sampah yang tertimbun makin banyak pula yang buang sampah. Sementara hanya sedikit orang yang peduli terhadap masalah sampah ini. 
            Bagi sebagian besar orang, sampah adalah masalah yang tidak menarik untuk dibicarakan, karena ada banyak hal lain yang lebih menarik dan lebih penting. Sudah bertahun-tahun lamanya, bahkan sejak dulu kala, masalah sampah dianggap bukanlah sebagai masalah. Bagi mereka, jika sampah sudah dibuang, maka masalah sudah selesai.
8.      Air Bersih
            Sekarang, air bersih sudah menjadi salah satu masalah sosial yang ada di Indonesia. Karena, di beberapa daerah air bersih sangat sulit ditemukan. Sementara air bersih merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Setiap harinya, kita membutuhkan air bersih untuk berbagai macam aktivitas yang akan kita jalani. Seperti mencuci pakaian, mandi, mencuci piring, minum, dan lain sebagainya. Tapi, air bersih menjadi sangat sulit didapat. Bahkan di beberapa tempat, untuk mendapatkan air bersih seseorang harus membeli. Hal ini menimbulkan ketidaknyamanan yang terjadi.
9.      Kemacetan lalu lintas
            Kemacetan lalu lintas adalah suatu kondisi tersendatnya arus perjalanan karena jumlah kendaraan yang melampaui kapasitas jalan. Masalah sosial yang satu ini lebih sering terjadi terutama di kota-kota besar. Padahal efek dari kemacetan ini juga bisa menimbulkan kerugian yang cukup besar. Misalnya karena harus antri di keramaian lalu lintas orang akan kehilangan waktu untuk bekerja atau kegiatan lain yang bersifat produktif.
10.  Polusi
            Polusi yang terjadi diakibatkan oleh pemakaian jumlah kendaraan pribadi yang melampaui batas. Selain itu, polusi diakibatkan juga oleh pemakaian bahan-bahan kimia yang dapat mencemari udara.
 
Analisis

            Bahwa masalah sosial yang ada di negara kita ini amatlah banyak dengan solusi yang amat beragam, akan tetapi masyarakat dan pemerintah tidak terlalu peduli akan semua masalah ini, dengan bebrapa orang yang benar-benar menanggulangi sebagian masalah ini dengan sungguh-sungguh. 
            Dengan begitu banyaknya program bukanlah membuat masalah itu menajadi semakin sedikit akan tetapi semakin banyak, karena tidak bisa menanggung banyak nya masalah sehingga tak terlaksanakan. Masalah ini bukanlah masalah diri sendiri akan tetapi semua ringkup ruang dan waktu yang memberikan semua masalah yang ada, kemauan, lingkungan, beradaptasi, bantuan, kesempatan,memahami mana yang baik dan benar.  
            Maka mulailah kita berpikir lebih dewasa, tak mudah patah semangat, menggunkan hak yang ada dengan benar, melakukan tugas dengan benar, tidak melanggar, melakukan kebaikan, jujur, benar dan yang lain-lain


 

            Kemiskinan & Perlindungan Sosial di Indonesia, Penulis : Edi Suharto, Penerbit: Alfabeta 

            Buku Social Problems. Penulis buku : Anthony Jones, dkk. 1991.Penulis Lili Hasanuddin, Chalid      Muhammad, Munarman, Afrizal Tjutra, Titi Hartini, Ruth Indiah Rahayu, M. Ridha Saleh, Yappika, I Juni 2004,  Masyarakat Indonesia: Demokrasi Sosial Indonesia,
Agusta, Ivanovich. 2008. Kemiskinan sebagai Akibat (Poverty as a Result in           Indonesia), (Online), (http://iagusta.blogspot.com/2008/04/kemiskinan-     sebagai-akibat.html)
Tamatamba. 2009. Kemiskinan Masyarakat Indonesia. (Online),             (http://tamatamba.blog.friendster.com/2009/03/tema-masalah-sosial-judul-  kemiskinan-masyarakat-indonesia/)
Adjee. 2007. Kebijakan Sosial dalam Menanggulagi masalah kemiskinan. (Online), (http://adjhee.wordpress.com/2007/12/12/kebijakan-sosial-   dalam-menanggulangi-masalah-kemiskinan/)
Triandi. 2009. Kemiskinan Termasuk Salah Satu Masalah Sosial. (Online),             (http://triandi.ngeblogs.com/2009/09/15/kemiskinan-termasuk-salah-satu-    masalah-sosial/)
Sa’id, Muhammad. 2009. Masalah Kemiskinan di Dunia dan Peran Krisis Finansial Global dalam memperparah masalah. (Online), (http://hizbut-       tahrir.or.id/2009/03/28/masalah-kemiskinan-di-dunia-dan-peran-krisis-            finansial-global-dalam-memperparah-masalah/)

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Popular Posts