google3e295b9834190349.html Ilmu Sosial Dasar | AHMADSOFWAN
Subscribe:

Pages

Sabtu, 28 September 2013

Ilmu Sosial Dasar



1.      Pengertian ilmu social dasar
            Ilmu pengetahuan social adalah ilmu-ilmu social yang disederhanakan untuk tujuan-tujuan pendidikan pengajaran disekolah dasar dan menengah. sedangkan ilmu sosial dasar adalah suatu program yang dikembangkan di perguruan tinggi. Pengembangan ilmu social dasar ini sejalan dengan realisasi pengembangan ide dan pembaharuan system pendidikan yang mudah, dinamis, praktis, dan gamapang di pahami.
         Ilmu social dasar tentunya berbeda dengan ilmu pengetahuan social mempelajari tentang unsur-unsur atau nilai-nilai dari berinteraksi sosial, nilai kehidupan kita dalam melakukan suatu kegiatan, berpikir menjadi orang mempunyai rasa nilai tenggang rasaan sesama manusia didalam ilmu pengatahuan sosial dibagi menjadi beberapa ilmu yaitu: sejarah, geografi, ekonomi, dan masih banyak lagi semua itu besifat universal. Sedangkan Ilmu Dasar Sosial adalah ilmu yang didefinisikan berdasarkan suatu nilai dalam kependudukan yang bertempat di satu Negara yang bisa menilai, menyimpulkan, dan juga menganalasis suatu permasalahan yang ada di sekitarnya dengan bersosialisai akan tetapi juga masih menggunakan suatu nilai yang  terpenting dalam ilmu sosial dasar yaitu fakta, konsep, dan teori nilai tersebut semua diambil dari sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi, pisikologi sosial.

2.      Pembagian ilmu social dasar
Secara umum ilmu pengetahuan dapat dikelompokkan dalam 3 kelompok besar yaitu 
  • Ilmu-ilmu alamiah (natural scince). Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan –keteraturan yang terdapat dalam semesta.untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah.
  • Ilmu-ilmu social (social scince). Ilmu-ilmu soail bertujaun untuk mengkaji hal keteraturan-keteraturanyang terdapat yangterdapat dalam hubungan antara manusia.
  • Pengetahuan budaya (the humanities) bertujuan untuk memhami dan mencari arti kenyataan –kenyataan yang bersifat manusiawi.
 Ilmu sosial dasar dapat dibedakan atas tiga golongan beasar yaitu :
  • Kenyataan-kenyataan sosial yang ada didalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
  • Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas pada ilmu sosial.
  • Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan satu sama lain.
      Ilmu sosial dasar terdiri dari 8(delapan) pokok pembahasan. Dari kedelapan pokok pembahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar diharapkan mempelajari dan memahami adanya :
  • Berbagai masalah kependudukan dalam hubunganya dengan pengembangan masyarakat    dan kebudayaan.
  • Masalah Individu, keluarga dan masyarakat.
  • Masalah pemuda dan sosialisasi
  • Masalah hubungan antara Warga Negara dan Negara
  • Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat.
  • Masalah masyarakat perkotaan dan masalah pedesaan.
  • Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi.
  • Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

3.      Latar belakang ilmu social dasar

            Latar belakang diberikannya ilmu social dasar  dikarenakan krtik-kritik yang ditunjukan pada system yang sedang berjalan di Indonesia ini masih berbau colonial dan merupakan warisan dari belanda. Sebuah pengharapan besar sebuah guru untuk muridnya untuk memiliki tiga kemampuan yang meliputi personal, akademik, dan professional.
·         Kemampuan personal adalah kemampuan kepribadian, dengan ini tenaga ahli yang diharapkan mampu menunjukan sikap, tingkah laku dan tindakan yang mencerminkan kepribadian Indonesia.
·         Kemapuan akademik adalah kemampuan untuk berkomunikasi secara ilmiah,  menguasai  pralatan anlisis, mampu berpikir logis, kritis sistematis, dan analitis, mempunyai kemampuan konsepional untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah yang dihadapi serta mampu menawarkan alternative pemecahanya.
·         Kemampuan professional dalah kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersakutan, dengan ini tenaga ahli diharapkan mempunyai kemampuan yang tinggi dalam bidang profesinya.
4.      Tujuan ilmu social dasar

Ilmu social dasar bertujuan membantu perkembangan, wawasan, pemikiran, dan kepribadian dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan pemikiran yang lebih luas, dan ciri-ciri kepribadian yang diharapkan dari setiap anggota golongan terpelajar Indonesia, khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia satu dengan manusia yang lain.

5. manfaatnya bagi arsitektur 

  • mempermudah untuk berbagi ilmu untuk seluruh kalangan
  • agar ketika besosialisasi kita dapat menyakinkan seseorang atas semua karya yang kita bentuk adalah baik dan benar
  • memperdekat seseorang untuk berbagi ilmu yang belum kita punya 
  • memperluas pengetahuan dan tidak cinderung diam


SUMBER:






Drs ahmadi, H. a. (1988). Ilmu Sosial Dasar. semarang : Rineka Cipta.
soelaeman, I. M. (1986). Ilmu Sosial Dasar(konsep dan teori). bandung .
http://arfanart.wordpress.com/2011/10/03/perbedaan-antara-ilmu-pengetahuan-sosial-dengan-ilmu-sosial-dasar/
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/03/ilmu-sosial-dasar-isd/
http://ervannur.wordpress.com/2010/09/26/isd-sebagai-salah-satu-mkdu/
http://odimirakoyukieto.blogspot.com/2011/04/pengantar-ilmu-sosial-budaya.html
http://galangwpatria.blogspot.com/2012/01/pengertian-tujuan-ilmu-sosial-dan-ilmu.html

















0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Popular Posts